Wednesday, March 25, 2015

Danau Toba

SEJARAH

Danau toba itulah danau yang hampir memiliki segalanya dan tercipta juga dari segalanya. Danau ini memiliki keindahan dan bila kita melihat dari atas bukit ke atas danau tersebut kita seperti melihat danau dan langit bersatu. Kalau tercipta tentunya danau ini tercipta atas legenda, dan juga sejarah.

Danau toba adalah danau terluas di Indonesia. Danau ini terletak di wilayah sumatera utara, lebih tepatnya di daerah parapat yang dapat di tempuh dari Ibukota prov Sumut yaitu medan.

Konon danau ini mempunyai legenda yaitu pada saat seorang pemuda bernama toba memancing ikan, tetapi ikan ini adalah ikan yang dapat berubah menjadi manusia. Mereka pun akhirnya menikah dengan perjanjian jangan kau sebut anak kita nanti bahwa dia ialah anak ikan. Kemuadian mereka mempunyai seorang anak yang diberi nama samosir. Pada suatu ketika si anak disuruh si ibu mengantar makan siang ke ladang. Ditengah perjalanan si anak kelaparan dan pada saat sampai di

ladang di bapak marah sambil berkatandasar kau anak ikan. Samosir pun anngis dan kembali ke rumah sambil menceritakan semuanya. Suara petir langsung terdengar dan angin berhembus sangat kencang. Ibunya berkata kepada samosir pergilah sekarang ke puncak tertinggi di dartan ini karen aini akan segera tenggelam. Setelah daratan itu tenggelam tinggallah samosir di sebuah bukit yang konon namanya seka
rang menjadi pulau samosir sementara sang ayah toba tenggelam dan akhirnya menjadi sebuah danau yang disebut danau toba.

Danau ini mempunyai sejarah yaitu yang terbentuk karena letusan gunung api. Untuk nama gunung api ini dinamai Gunung Toba. Konon danau ini pernah meletus sebanyak 3 kali
- Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan           Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.
- Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk   kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua             letusan ini, letusan ketigalah yang paling dashyat.
- Letusan ketiga 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan     Pulau Samosir di tengahnya.

Gunung Toba ini masuk ke dalam golongan Supervolcano. Hal ini dikarenakan Gunung Toba yng memiliki kantong magma yang besar yang jika meletus kalderanya besar sekali. Golongan Volcano biasa rata-rata kalderanya ratusan meter, sedangkan kaldera Supervolcano dapat mencapai puluhan kilometer


Letusan Gunung ini (Toba) merupakan letusan gunung berapi yang paling dahsyat yang pernah diketahui atau yang terjadi di planet (bumi) ini. Letusan ini juga hampir memusnahkan seluruh generasi umat manusia di planet Bumi. Letusan yang ketiga yang terjadi kira-kira 74.000 tahun yang lalu, letusan ini yang terjadi di Indonesia tepatnya di Sumatera Utara hampir memusnahkan seluruh umat manusia, hanya sedikit yang selamat. Kedahsyatan yang terjadi saat letusan Gunung Toba memang sangat terkenal dan merupakan 3 besar letusan volcano terdahsyat di planet bumi. Setelah letusan gunung toba ini juga dikabarkan matahari sampai tertutup selama 6 tahun dengan kata lain hanya sedikit sinar yang didapatkan manusia di bumi.

LOKASI

Untuk mencapai tempat ini anda dapat menempuh perjalanan dari kota Medan. Jika anda dari luar kota atau luar pulau sumatera, anda bisa menaiki pesawat dengan tujuan Medan(Bandara Kualanamu)  dan dari sinilah anda melanjutkan perjalanan dengan waktu tempuh kira-kira 4 jam. Selama 4 jam anda dapat menikmati jalanan, melihat pedesaan, alam yang indah sebelum mencapai danaunya dan satu lagi anda juga akan melewati pusat oleh-oleh buatan masyarakat setempat. Nama daerahnya ialah pasar bengkel. Jajanan yang tersedia pun beragam, tergantung selera anda. Gak ada salahnya kan menikmati perjalanan sambil makan makanan lokal? Semoga menikmati perjalanan anda  :)

No comments:

Post a Comment

Know us

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *