Thursday, April 2, 2015

Seven Summits Indonesia


Bagi kalian yang benar-benar pengen jadi seorang pencinta alam pasti kalian pernah dengar kata SEVEN SUMMITS. Ya, itu adalah kumpulan puncak tertinggi gunung-gunung yang ada di dunia (baca: bumi). Tapi, seven summits ini punya aturan tersendiri yaitu satu benua harus mewakili satu puncak (tidak boleh satu benua memunyai 2 atau lebih puncak gunung)

Tapi uniknya negara kita negara Indonesia sebagai negara kepulauan juga mempunyai seven summits tersendiri dimana setiap puncaknya dimamasukkan kedalam setiap satu pulau-pulau besar yang terdiri dari:

1) Sumatera, Gunung Kerinci (Puncak Indrapura) 3.805mdpl

Yap, Gunung kerinci adalah gunung dengan puncak tertinggi dipulau Sumatra dengan nama Puncak Indrapura, Puncak Indrapura ini lebih tepatnya berada di Provinsi Jambi. Dan satu lagi hal unik tentang gunung kerinci ini. Gunung ini adalah Gunung tertinggi di Indonesia. Pasti bertanya-tanya kan kenapa ngak Cartensz(Puncak Jaya) aja gitu yang ada saljunya. Sebenarya Carstensz(Puncak Jaya) itu terletak di kawasan dikawasan pegunungan, bukan gunung. tapi kalau dilihat dari puncak sih memang iya  Puncak jaya mempunyai puncak tertinggiTetapi bila di lihat dari kategori "Puncak", Puncak Indrapura memang tertinggi kedua setelah Puncak jaya.








2) Jawa, Gunung Semeru (Puncak Mahameru) 3.676mdpl

Kalian pernah nonton film 5 cm kan? Film ini menceritakan tentang persahabatan dan melakukan perjalanan ke Gunung semeru. Gunung semeru yang biasa dikenal dengan puncak Mahamerunya adalah gunung tertinggi di pulau jawa dana gunung tertinggi ketiga setelah Kerinci dan Rinjani. Gunung Semeru berada di wilayah kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Indah gak? Kalau masalah keindahan juga jangan ditanya selain terdapat beberapa spot indah, puncaknya juga gak kalah indahnya. Yang udah nonton mah pasti udah tau. Ini beberapa spot indah selama pendakian. Mulai dari Ranu Kumbolo, padang rumput Oro-oro Ombo yang dengan bukit yang mengelilinginya dengan sangat indah, kawasan hutan cemara yang disebut Cemoro Kandang. dan Arco podo yang terdapat Arca kembar.


Gunung Semeru masih sering mengeluarkan gas beracun , karna itu para pendaki disarankan untuk menuju puncak pada tengah malam dan turun kembali kurang dari jam 10 pagi. Karna pada saat siang angin lebih sering mengarah ke utara menuju Puncak yang membawa gas beracun dari kawah Jonggring Saloka.



3) Kalimantan, Gunung Bukit Raya (2.278mdpl)

Sekilas membaca namanya pasti terdengar aneh karna ada kata Gunung dan Bukit yang sama penggunaanya, udah udah. Walaupun ketinggian gunung ini tidak seperti yang kalian harapkan tapi puncaknya masuk ke dalam seven summits of Indonesia. Gunung ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah dan salah satu gunung non aktif. Gunung ini (Kawasan Indonesia) sudah termasuk dalam kawasan pegunungan Muller Schwaner. Yang diambil dari taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Selain mempunyai nama yang unik, gunung ini juga mempunyai beberapa puncak 
-Puncak Bukit Baka (1.617mdpl)
-Puncak Gunung Bukit Raya (2.278mdpl)
-Puncak Gunung Bukit Asing (1.750mdpl)
-Bukit melabanbun (1.850mdpl)
-Bukit Panjing (1.620mdpl)
-Bukit panjake (1.450mdpl)

-Bukit Lesung (1.600mdpl)




4) Sulawesi, Gunung Latimojong (Puncak Rante Mario) 3.478mdpl

Untuk pulau sulawesi ada Gunung Latimojong. Gunung ini terletak di Kabupaten Enrekang, Prov. Sulawesi Selatan. Jika kalian beruntung selama pendakian kalian bisa menemukan hewan Anoa. Tau hewan ini kan? Hewan khas sulawesi. Gunung ini(Latimojong) hampir sama dengan Gunung Bukit Raya) persamaannya ialah mempunyai puncak yang banyak yang tersusun dengan membujur teratur

-Buntu sinaji (2.430mdpl)
-Buntu sikolong (2.754mdpl)
-Buntu Rante Kambola (3.083mdpl)
-Buntu Rante Mario (3.430)
-Buntu Nenemori (3.097mdpl)
-Buntu Bajaja (2.700mdpl)
-Buntu Latimojong (2.800mdpl)






5) Nusa Tenggara dan Bali, Puncak Gunung Rinjani (3.726mdpl)

Gunung Rinjani, apa yang terlintas dipikiran kalian saat pertama kali mendengar atau pun membacanya? Mungkin yang terlintas dipikiran kalian adalah Puncak indah dengan penampakan danau atau pun berada diatas awan. Sekilas tentang gunung rinjani, gunung rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua setelah Kerinci. Gunung Rinjani sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Pada saat berada di puncak kita bisa melihat Kaldera yang sangat besar dengan nama danau  Segara Anak dan gunung kecil (Gunung Baru) yang berada ditengahnya. Di danau ini ada banyak terdapat ikan mas dan mujair. Selain danau di gunung ini juga terdapat kolam air panas, yang pastinya kolam air panas tertinggi di Indonesia




6) Kepulauan Maluku Puncak Gunung Binaiya (3.027mddpl)

Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi dikepulauan Maluku yang terletak atau terdapat di pulau Seram. Gunung ini terletak di kabupaten Maluku Tengah, Prov. Maluku. Gunung ini terletak di pedalaman pulau. Tapi, jangan khawatir para pendaki bisa dan biasanya memanfaatkan rumah adat penduduk yang disediakan untuk menginap.

 

7) Papua, Pegunugan Jayawijaya(Puncak Carstensz / Puncak Jaya) 4.884mdpl

Pasti kalian tau dimana satu-satunya ada salju alami di Indonesia. Tau kan? iya iya ada di Pengunungan Jayawijaya dengan nama Puncak Carstensz. Dan juga salju yang terdapat di puncak ini sering dibilang dengan hamparan Salju Abadi. Puncak ini termasuk kedalam seven summits dunia guys. Bangga kan? Kawasan Pegunungan Jaya Wijaya ini ada diprovinsi Papua. Jika ingin mendaki ke Pengunungan ini para pendaki biasanya mengambil rute normal pendakian Cartenzs yang bisa dimulai dari desa Ilaga. 



Untuk menjaga kelestarian alam, ada baiknya kita merawatnya. Suhu bumi sudah semakin panas. Es di kutub juga sudah banyak yang mencair, pohon sudah banyak berkurang dan alam semakin lama semakin hancur. Sudah banyak dampak yang bisa kita lihat seperti banjir, longsor, dll. Marilah kita merawat bum dan segenap isinya dengan segenap jiwa dan raga karena BUMI ADALAH  WARISAN ANAK CUCU KITA YANG DITITIPKAN KEPADA KITA. Maka dari itulah marilah menjaga bumi bersama sama teman

No comments:

Post a Comment

Know us

Our Team

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *